Menikmati Indahnya Danau Rana Mese


Warga sedang memancing di Danau Rana Mese (foto; Tourismnttprov) 

Apabila Anda mengunjungi Labuan Bajo, rasanya tidak lengkap jika tidak menjajal destinasi wisata lainnya di Manggarai. Sebaiknya daftar destinasi wisata yang Anda kunjungi memasukkan Manggarai Timur sebagai salah satu daerah tujuan yang akan disambangi. Mungkin saja Anda akan terkesima dan jatuh cinta dengan salah satu pesona wisata di Manggarai Timur. Danau Rana Mese namanya.  

Pemandangannya indah, udaranya relatif dingin, hutan yang lebat dan nuansanya hening bak menu yang siap disajikan pada Anda saat menyambangi danau yang masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam Ruteng itu.

Danau Rana Mese terletak di Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese Kabupaten Manggarai Timur. Terletak jauh dari pemukiman warga dan masuk dalam kawasan hutan lindung membuat situasi syahdu adanya.

Ketika kuliah di Ruteng dulu, menepi di Rana Mese selalu menjadi sesuatu yang tidak pernah terlewatkan. Terletak di jalur strategis trans Flores, danau Rana Mese aksesnya begitu mudah untuk dikunjungi.

Dengan modal dua ribu rupiah untuk membayar tiket masuk, kita dapat menepi sejenak lalu menjajaki setapak demi setapak di danau yang selalu menjadi tempat untuk memancing dari warga sekitar. Sepanjang jalan di dalam area danau Rana Mese, kita dapat melihat lebih dekat burung endemik khas Flores yang sering beterbangan ke sana kemari.  Kicauannya semakin membuat sensasi lebih terasa.

Di danau Rana Mese, kondisi airnya sangat tenang dan berwarna khas hijau. Jika Anda menyambangi Rana Mese saat sore maka sensasinya semakin bertambah, kabut mulai menutupi kawasan itu. Hutan di sekelilingnya memancarkan nuansa keteduhan. Tak pelak, Rana Mese bisa menjadi pilihan yang tepat untuk merasakan sensasi alam yang mendamaikan.

Danau ini diapit Gunung Mandosawu dengan ketinggian 2.400 mdpl, yang merupakan puncak gunung tertinggi dalam mata rantai pegunungan Ruteng dan Gunung Ranaka (2.140 mdpl), yang merupakan puncak tertinggi kedua setelah Mandosawu.

Danau Rana Mese memiliki luas 11,5 hektar dengan ketinggian 1200 mdpl serta kedalaman 43 meter pada bagian cekung. Danau ini menjadi rumah bagi beberapa satwa liar dan menyimpan potensi perikanan yang cukup menjanjikan. Jangan heran di pinggir danau ada pondok sederhana yang dibangun oleh warga untuk tempat berteduh saat lagi memancing. Warga dari desa Golo Loni biasanya memancing di sini.

Potensi air yang cukup berlimpah dimanfaatkan juga untuk kebutuhan air bersih dari warga di kecamatan Rana Mese dan kecamatan Borong.

Acap kali ketika bertandang ke danau Rana Mese tidak banyak wisatawan yang menyambangi setiap harinya.  Seringkali hanya ada beberapa warga sekitar danau yang sering memancing ikan dengan rakit kayu yang sederhana. 

Itulah sebabnya danau ini bak sebuah gadis cantik yang melahirkan ketenteraman, sebab tersembunyi di tengah hutan yang masih eksotis. Udaranya bersih dan nuansanya tenang, sehingga danau ini layak menjadi alternatif liburan bagi siapa saja, terutama bagi Anda yang ingin berwisata mencari ketenangan batin, yang mungkin sudah lelah dengan sumpeknya ingar-bingar kota besar. Tunggu apalagi, ayo ke Manggarai Timur!



Post a Comment

0 Comments